Senin, 03 Desember 2018

Pengertian Membatik


Seni Batik
Pengertian Seni Batik adalah sebuah teknik menggambar diatas kain dan memanfaatkan lilin dan canting sebagai bahan dan alat untuk membuatnya. Menurut Para Ahli dan pakar kesenian, pengertian batik sangatlah beragam, banyak pendapat yang menjelaskan teori batik ini. Seperti telah kita ketahui bahwa batik adalah salah satu kesenian milik bangsa indonesia, maka dari itu, sudah seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia mengetahui seluk beluk dari seni batik secara lebih mendalam agar batik tidak punah dan tetap menjadi identitas bangsa Indonesia.Batik merupakan salah satu karya seni rupa terapan yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pakaian dll. Banyak sekali sumber yang telah menjelaskan mengenai batik dan pengaplikasiannya sehari-hari.
Jenis-jenis batik saat ini dapat ditemukan bermacam-macam, antara lain:

  • Batik tulis: Batik tulis merupakan jenis batik spesial dan mahal dibanding batik yang lain, karena didalam pembuatan batik ini sangat diperlukan keahlian serta pengalaman, ketelitian, kesabaran, dan juga waktu yang lama untuk menyelesaikan sebuah batik tulis. Untuk sebuah batik tulis paling cepat dapat diselesaikan selama dua minggu oleh seorang pembatik, itupun dikarenakan cuaca yang cerah dan desain motif yang biasa dan juga tidak terlalu rumit.
  • Batik cetak: Batik cetak atau disebut juga dengan batik cap, merupakan proses pembatikan yang menggunakan cap atau alat cetak atau stempel yang terbuat dari tembaga dan pada cap tersebut telah terpola batik. Sehingga proses pembatikan cetak (cap) ini dapat jauh lebih cepat dan mudah. Untuk pengerjaan jenis batik ini dapat diproduksi secara banyak dan juga hanya diperlukan waktu satu minggu untuk menyelesaikan proses pembatikan ini.


  • Batik printing: Batik printing disebut juga dengan batik sablon, karena proses pembatikan jenis batik ini sangant mirip dengan proses penyablonan. Motif batik telah di buat dan desain diprint diatas alat offset/sablon, sehingga dapat sangat memudahkan pengerjaan batik khususnya pewarnaan dapat langsung dilakukan dengan alat ini.


§               Pada dasarnya penggolongan motif batik  yang ada di indonesia di bagi menjadi dua macam yaitu motif geometris dan motif non geometris  berikut ini adalah pengertian dan contoh motifnya :
§   
§      Motif geometris adalah motif batik dengan ornamen susunan geometris  dengan ciri khas berbentuk seperti  ilmu ukur biasa, seperti  segiempat  yang   panjang atau lingkaran, contoh:  Ganggang, Kawung , golongan Banji, Ceplok. Pada motif ini juga ada yang tersusun dalam garis miring, sehingga  bentuknya berbentuk belah  ketupat, seperti  contohnya:   


  Motif Non Geometris merupakan jenis  motif batik dimana bentuk motifnya tidak teratur jika dilihat menurut geometris atau di buat secara acak .Pada Motif yang ada pada motif non geometris terdiri dari beberapa bentuk ornamen-ornamen  tumbuhan, Pohon  Hayat, Candi, Binatang, Meru,  Burung, Garuda, Ular dimana  dalam susunan tidak teratur. berikut ini contoh ornamen tumbuhan dan pohon hayat.


Berikut ini video langkah-langkah pembuatan batik :











2 komentar:

Karya Seni 2 Dimensi

Karya Seni Rupa Dua Dimensi Banyak terdapat karya seni disekitar kita. Secara umum, karya seni rupa terbagi menjadi dua macam, yaitu ...